Pendidikan yang Berkualitas Berawal dari Guru yang Berkualitas

Posted on August 25, 2012

2



By: Petrus Titut Sutiyoso

Pakar pendidikan Prof Arif Rahman, menuturkan, peran guru sangat besar dalam mewujudkan pendidikan bagi anak. Guru yang berkualitas ternyata dapat mewujudkan pendidikan berkualitas bagi anak-anak.

Ukuran kualitas seorang guru bukan diukur dari banyaknya pelatihan/seminar yang diikuti, atau lamanya masa mengajar . Karena itu bukanlah jaminan. Jadi tak perlu iri dengan rekan senior yang memiliki koleksi berpuluh-puluh piagam pelatihan, tak perlu minder karena masa kerja kita masih balita, dan sebagainya. Yang terpenting adalah bagaimana kita melaksanakan tugas-tugas dengan dengan baik sesuai dengan profesi kita.

Sertifikasi pendidik adalah sebuah jalur yang memberi pengukuhan bahwa kita adalah guru yang profesional dengan kata lain ’sudah disertifikasi’. Lantas apakah guru yang berkualitas itu indikatornya adalah guru yang telah bersertifikat?

Bagi kita, para guru Indonesia yang perlu ditanamkan adalah-ada atau tidak ada sertifikasi- sudah atau belum mengantongi gelar bersertifikat pendidik, kita tetap menjalankan tugas-tugas profesi kita dengan baik sehingga kita menjadi guru yang berkualitas dan dapat mencetak anak didik yang berkualitas.

Berikut ini beberapa kriteria Guru Berkualitas:

1. Selalu punya energi untuk siswanya

Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuam mendengar dengan seksama.

2. Punya tujuan jelas untuk Pelajaran 

Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas.

3. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif 

Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa  mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas.

4. Punya keterampilan manajemen kelas yang baik

Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif,  membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.

5. Bisa berkomunikasi yang Baik dengan Orang Tua 

Seorang guru yang baik menjaga komunikasi terbuka dengan orang tua dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan isu lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi  panggilan telepon, rapat, email dan sekarang bahkan melalui jejaring sosial twitter.

6. Punya harapan yang tinggi pada siswanya 

Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.

7. Pengetahuan tentang Kurikulum 

Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga  memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.

8. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan 

Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

9. Selalu memberikan yang terbaik  untuk Anak-anak dan proses Pengajaran 

Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan  mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa.

10. Punya hubungan yang berkualitas dengan Siswa 

Seorang guru yang baik mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.

Jika ke -10  ciri guru berkualitas di atas sudah dimiliki oleh setiap guru, kiranya pendidikan di Indonesia akan menjadi lebih berkualitas dan mampu membawa siswa menjadi pribadi yang berkualitas pula.